Kamis, 31 Januari 2013

Cara convert file pdf ke jpg (image)

Tips ini berguna buat anda yang membutuhkan file gambar yang ada pada sebuah file pdf yang hanya merupakan format documen reader saja. Tentu saja anda harus mengconvertnya terlebih dahulu agar dapat mendapatkan file image dengan extensi *.jpg, *.tiff, *.bmp, atau *.png yang nantinya akan dapat di ubah atau di edit dengan software editor gambar seperti Photoshop, CorelDraw, dsb.
Apabila anda masih memiliki file dalam bentuk file dari ms word atau ms excel (*.doc, *docx, *.xls, atau *.xlx, maka terlebih dahulu file tersebut diconvert menjadi file berformat *.pdf, caranya akan saya bahas berikutnya.
Sekarang anggaplah anda mempunyai sebuah file pdf yang ingin diambil gambarnya. Untuk melakukan converting file tersebut, diperlukan sebuah bantuan software yang disebut ImagePrinter
 apa ImagePrinter itu? adalah merupakan virtual printer yang tidak terhubung dengan sebuah printer sungguhan. Dengan menggunakan Imageprinter output atau hasilnya tidak dicetak dalam sebuah lembar kertas namun akan berupa sebuah file gambar yang tersimpan pada sebuah folder. Software ini bersifat opensource yang artinya software gratis yang dapat dipergunakan oleh siapapun.
Kambali ke tutorial inti, untuk melakukan converting file *.pdf ke *.jpg, *.tiff, *.bmp, atau *.png, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka pengaturan pada ImagPrinter yang telah dipasang, buka Options ImagePrinter
  2. Pada tab System atur output folder tempat menyimpan file.
  3. Buka tab File Format, pilih file format diinginkan, kemudian Klik OK
  4. Buka file pdf yang akan diconvert
  5. Buka perintah Print ( Ctrl + P ). Pada Printer Name pilih ImagePrinter
  6. Setelah itu atur pengaturan printer yang lain. Jika sudah Klik Print, maka proses convert akan berlangsung tidak terlalu lama.
  7.     Buka folder output yang telah anda atur sebelumnya, untuk membuka file hasil convert tersebut.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar